RSS Feed

Awas, Jangan Anggap Remeh Kurang Tidur!

Tulisan ini di ambil dari http://www.yahoo.com

Berikut liputan beritanya :

Apakah Anda sudah cukup tidur hari ini? Kurang tidur akan berdampak besar sepanjang hari. Selain badan menjadi kurang bugar, kurang tidur menyebabkan konsentrasi menjadi terganggu saat kita belajar atau mengerjakan apa pun.

Sebuah hasil penelitian, sebagaimana dikutip dari laman Guardian.co.uk, menyebutkan bahwa kurang tidur dapat membahayakan dan membuyarkan konsentrasi seseorang ketika melakukan pekerjaan apa pun. Lebih jauh lagi, para peneliti dari lembaga kesehatan Warwick yang menerbitkan laporan penelitiannya European Heart Journal menyimpulkan bahwa pola tidur berkaitan dengan kondisi kesehatan manusia.

“Jika Anda tidur malam kurang dari enam jam dan mengalami gangguan tidur, maka Anda berpotensi 48 persen lebih besar terkena penyakit jantung. Dan Anda boleh jadi dapat mengalami stroke yang dapat mengakibatkan kematian ,” kata� Profesor Francesco Cappuccio, penulis laporan itu. Selain itu, dampak dari kurang tidur juga memunculkan ketidaktepatan saat mengambil keputusan penting.

Malam hari, sebelum pesawat ruang angkasa Challenger mengangkasa saat penerbangan naas, akhir bulan Januari 1985, para pejabat dari lembaga penerbangan dan antariksa Amerika Serikat (NASA) menggelar pertemuan selama dua setengah jam bersama dengan para eksekutif dari perusahaan yang membuat roket pendorong. Pokok bahasannya, salah satunya soal potensi kesalahan dari peristiwa mengenaskan itu. Pertemuan tersebut menyimpulkan bahwa penyebab kematian tujuh astronot itu yakni ketidaksiapan dari sejumlah manajer NASA ketika mengambil keputusan. Ketika itu, dua manajer NASA kedapatan menghabiskan waktu kerjanya selama 23 jam terus menerus, tanpa melewati waktu tidur yang cukup. Mereka hanya tidur tiga jam pada hari sebelumnya.

Contoh-contoh serupa juga ada saat terjadi bencana nuklir di Three Mile Island dan Chernobyl, serta peristiwa lingkungan hidup tumpahan minyak Exxon Valdez.

Profesor Jim Horne, Direktur Loughborough University dari Sleep Research Centre, mengatakan butuh waktu enam jam tidur malam agar tubuh bugar dan sehat.

“Tubuh Anda dapat bugar kembali setelah melewati tidur malam selama enam jam. Meski kebiasaan tidur seseorang dengan yang lainnya masih berbeda juga. Jangan juga cepat percaya bahwa kurang tidur dapat serta merta memicu serangan jantung dan terkena stroke. Kegelisahan inilah yang justru dapat memperburuk kondisi kesehatan Anda,” katanya. (ANT/Vin)

Semoga setelah membaca berita ini, kita bisa mengambil manfaatnya, terutama bagi yg suka bergadang..*begadang jangan begadang..*

About amisha syahidah

selalu ingin berbagi hikmah disetiap kejadian.

5 responses »

  1. untunglah pola tidur saya sudah teratur…🙂

    Balas
  2. aku orang yg termasuk susah tidur mbak🙂,,maturnuhun infonya..

    Balas
  3. Saya sebenarnya suka begadang
    tapi akhir-akhir ini bisa tidur jam 10 an, eh malah kebangun jam 1
    trus ga bisa tidur beberapa jam
    jam 4 an baru bisa tidur dan malah kebangun jam 10
    lewat deh subuh

    bisa mati ya gara-gara kurang tidur
    serem T_T

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: