RSS Feed

Awas, Korek Kuping Bisa Merusak Telinga

Hati-hati mengunakan korek kuping, sebab jika terlalu dalam bisa merusak gendang telinga. Dampak kerusakan itu bervariasi, mulai dari yang ringan berupa telinga berdenging hingga yang paling berat yakni kelumpuhan saraf di sekitar wajah.

Menurut sebuah penelitian terbaru, lebih dari 50 persen pasien yang datang ke dokter spesialis Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT) sering memakai cotton bud untuk mengorek kotoran di telinga. Meski ujungnya dari kapas, alat ini tetap berisiko merusak gendang telinga.

“Jika pasien mengalami gangguan pendengaran atau ada yang tidak beres dengan gerakan wajahnya, ada kemungkinan telinganya mengalami kerusakan,” ungkap Dr Ilaaf Darrat, spesialis THT dari Henry Ford Hospital seperti dikutip Healthday, Jumat (6/5/2011).

Gangguan pendengaran yang umum dialami pemakai cotton bud (batang plastik dengan ujung berlapis kapas) adalah tinnitus atau telinga berdenging. Sementara wajah yang sulit digerakkan adalah gejala kerusakan saraf yang juga dipicu kerusakan gendang telinga.

Untungnya, penelitian terbaru yang dilakukan oleh Dr Ilaaf menunjukkan bahwa 97 persen kerusakan gendang telinga bisa sembuh sendiri dalam waktu rata-rata 2 bulan. Operasi hanya dibutuhkan jika berdampak pada kelumpuhan saraf di sekitar wajah.

Penelitian yang dipresentasikan dalam Combined Otolaryngological Spring Meeting di Chicago ini melibatkan 1.540 pasien yang mengalami kerusakan gendang telinga antara tahun 2001-2010.

Namun sebisa mungkin, risiko kerusakan gendang telinga harus dikurangi dengan mengurangi pemakaian cotton bud atau sejenisnya. Sebagai alternatif, berikut ini beberapa cara yang bisa dipakai untuk membersihkan telinga dari kotoran.

1. Campur hidrogen peroksida (H2O2) dengan air hangat, teteskan perlahan ke rongga telinga maksimal 2 kali/bulan.
2. Campur cuka apel (vinegar) dengan air dalam perbandingan yang sama, lalu masukkan 5 tetes ke dalam telinga dan jangan lebih dari sekali dalam sepekan.
3. Kunjungi dokter THT untuk melakukan waxing atau membersihkan telinga dengan lilin khusus.

Sumber : http://www.isisurakartablog.com/2011…k-gendang.html

Waaah susah juga solusi yang dikasi Dokter ni ya… gada cara lain apa ya? …😦

About amisha syahidah

selalu ingin berbagi hikmah disetiap kejadian.

38 responses »

  1. iya–ya susah juga cara ngobatin nya.. aha lebih baik mencegah aja dech.. bersihin nya janga dalem2 .. ntar kaya gitu lagi.. nice post:)

    Balas
  2. hmm…
    Kalau saya sih jarang sekali membersihkan telinga…😐
    tapi, untungnya telinga saya masih baik-baik saja…😥

    Balas
  3. Horeee pertamaxx..

    bahaya yach mbak, padahal saya korek kuping 2 hari sekali.. #takut😥

    Balas
  4. pernah telingaku berdenging saya kira ada nyamuk yang terperangkap di dalamnya, ternyata setelah saya periksakan itu adalah radang

    Balas
  5. Salam
    Maaf baru blogging lagi
    Dah beli novel Sahaja Cinta kan? (iklan hehe)

    Syukron dah di kasih tau🙂

    Balas
  6. Assalamu’alaiukm bun…
    wah, alhamdulillah ahirnya saya bisa silaturahim lagi kemari…

    hmm, lagi ngebahas tentang korek kuping,,, hihi,,
    saya jarang make bun, tpi alhamdulillah kayanya telinga saya bersih2 aja..😀
    makasih bun infonya,,, bermanfaat.
    salaam,,

    Balas
  7. ngeri, gambarnya extreme..
    lapisan apa tuh yg ditembus??

    Balas
  8. apalagi anak kecil, harus dijauhkan dari yang namanya cotton bud

    Balas
  9. kalau gatel make apa kurek-kureknya???

    Balas
  10. ehm, aku malah suka keasyikan ngorek kuping pake cotton bud, malah sampe mejam-mejam saking enaknya. oh, ternyata bisa berdampak buruk ya?

    Balas
  11. kunjungan pagi…terimakasih buat infonya… aku paling sering and suka korek kuping apalagi klo pake bulu ayam, tp abis baca artikel kmu aku jadi takut juga,, sekarang mah gak bakal sering sering korek kuping dech… (^_^)

    Balas
  12. vertigo bisa bikin gangguan telinga juga tuh mbak..
    juga sebaliknya.. huhu..

    Balas
  13. waaah, anarkis juga tu y mba, ngorek kuping sampe tembus gitu..

    Balas
  14. Maunya menjaga kebersihan lubang kuping, kalo dak hati2 jadi masalah juga. Sepele kelihatannya tapi fatal akibatnya.
    Mantap………. Mbak Amisha jarang yang perhatiaan pada hal2 kecil.
    Salam kenal dari guru terpencil dilereng gunung Lamongan Lumajang Jawa Timur

    Balas
  15. Nice info… sangat bermanfaat🙂

    Balas
  16. Walah, selama nggak dalem2, ya aman.😆

    Balas
  17. berbicara mengenai korek kuping terkadang saya ragu untuk melakukan pembersihan dgn korek kuping, karena dulu saya pernah membersihkan telinga dgn korek kuping lalu kapasnya lepas dan nyangkut di dalam uping saya.

    Balas
  18. Bahaya nih ! Gawat !

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: