RSS Feed

Rahasia dipilihnya Jazirah Arabia Sebagai Tempat Kelahiran dan Pertumbuhan Islam


Mungkin kita bertanya-tanya kenapa ya awal mula tumbuhnya islam di Arab? Kenapa gak di Indonesia aja, “emang Indonesia waktu itu udah ada apa belum ya?” hehe, atau di negara-negara lain seperti Amerika, India atau di manalah, kenapa harus di Arab?
Oke sobat pembaca semuanya, kemarin waktu pengajian ada sedikit membahas ini, jadi saya ingin membagikan ilmu yang saya dapat ini pada teman-teman semuanya, semoga ilmu yang saya dapat bermanfaat juga buat orang lain.dari kesimpulan yang saya dapat juga dibantu oleh Sirah Nabawiyah, maka alasan mengapa terpilihnya Jazirah Arabia sebagai tempat kelahiran dan pertumbuhan Islam adalah karena:
Tapi tunggu dulu ya, karna sebelum masuk padaa intinya harus dijelaskan dulu karakteristik Bangsa Arab dan tabiat mereka sebelum masuk Islam juga menggambarkan letak geografis tempat mereka hidup dan posisinya diantara negara-negara sekitarnya, juga tentang peradaban dan kebudayaan ummat-ummat lain pada waktu itu, agar bisa nyambung pada pembahasan yang dimaksud.
Dimulai dengan kondisi ummat-ummat yang hidup di sekitar Jazirah Arab sebelum Islam. Pada waktu itu, dunia dikuasai oleh dua negara Adidaya: Persia dan Romawi, kemudian menyusul India dan Yunani.
1. Persia adalah ladang subur berbagai khayalan (khurafat) keagamaan dan filosofis yang saling bertentangan. Di antaranya adalah Zoroaster yang dianut oleh kaum penguasa. Diantara falsafahnya ialah mengutamakan perkawinan seseorang dengan ibunya, anak perempuannya atau saudaranya sehingga Yazdasir II yang memerintah pada abad kelima masehi mengawini anak perempuannya, belum lagi penyimpangan-penyimpangan akhlak yang beraneka ragam.
2. Romawi telah dikuasai sepenuhnya oleh semangat kolonialisme. Negri ini terlibat dalam pertentangan agama antara Romawi di satu pihak dan Nasrani di pihak lain. Negara ini pada waktu yang sama, tak kalah bejatnya dari Persia, Kehidupan nista, kebejatan moral, dan pemerasan ekonomi telah menyebar ke seluruh penjuru negri, akibat dari melimpahnya penghasilan dan menumpuknya pajak.
3. Yunani, Negri ini tenggelam dalam lautan khurafat dan mitos-mitos verbal yang tidak pernah memberinya manfaat.
4. India, sebagaimana yang dikatakan Ust Abul Hasan an-Nadawi, telah disepakati oleh para penulis sejarahnya bahwa negri ini sedang berada pada puncak kebejatan dari segi agama, akhlak, ataupun sosial.
5. Di samping itu harus diketahui bahwa ada satu hal yang menjadi sebab utama terjadinya kemerosotan, keguncangan, dan kenestapaan pada ummat-ummat tersebut, yaitu peradaban dan kebudayaan yang didasarkan pada nilai-nilai materialistik semata, tanpa adanya nilai-nilai moral yang mengarahkan peradaban dan kebudayaan tersebut pada jalan yang benar.
Sementara itu, di Jazirah Arabia, Bangsa Arab hidup dengan tenang, jauh dari bentuk keguncangan tersebut. Mereka tidak memiliki kemewahan dan peradaban Persia yang memungkinkan mereka kreatif dan panai menciptakan kemerosotan-kemerosaotan, filsafat keserbabolehan dan kebejatan moral yang dikemas dalam bentuk agama. Mereka juga tidak memiliki kekuatan militer Romawi yang mendorong mereka melakukaan ekspansi ke negara-negara tetangga. Mereka tidak memiliki kemegahan filosofis dan dialektika Yunani yang menjerat mereka menjadi bangsa mitos dan khurafat.
Karakteristik mereka masih polos, masih menampakkan fitrah kemanusiaan seperti penolong, dermawan, rasa harga diri dan kesucian. Hanya saja mereke tidak memiliki ma’rifat (pengetahuan) yang akan mengungkaapkan jalan ke arah itu karena mereka hidup di dalam kegelapan, kebodohan atau yang sering kita sebut jahiliyyah. Akibatnya mereka sesat jalan, tidak menemukan nilai-nilai tersebut, selanjutnya mereka membunuh anak dengan dalih kemuliaan dan kesucian, memusnahkan harta kekayaan dengan alasan kedermawanan dan membangkitkan peperangan di antara mereka dengan alasan harga diri dan kepahlawanan.
Begitulah kondisi bangsa Arab di jazirah Arab sebelum Islam dan kondisi ummat-ummat lain di sekitarnya. Dengan demikian mereka ‘Bangsa Arab’ lebih mudah disembuhkan dan di arahkan. Tetapi bukan hanya ini sebab utamanya karna jika hanya ini maka kita akan berfikir ternyata Allah ingin yang mudah-mudah, astaghfirullah, tidak sama sekali karna jika Allah menghendaki terbitnya dakwah islam ini dari suatu tempat niscaya untuk keberhasilan dakwah ini, Allah Subhanahu wa ta’ala mempersiapkan prasana di negri tersebut sebagaimana Dia mempersiaapkannya di Jazirah Arabia, Allah tidak akan pernah kesulitan untuk melakukannya karena Dia Pencipta segala sesuatu, Pencipta segala sarana termasuk sebab. alasan di atas, hanyalah sekedar untuk kita lebih mudah berfikir.
Adapun alasan lain mengapa dipilihnya Jazirah Arabia Sebagai Tempat Kelahiran dan Pertumbuhan Islam ialah:
1. Sebagaimana telah kita ketahui, Allah menjdikan Baitul haram sebagai tempat berkumpul bagi manusia dan tempat yanag aman dan rumah yang pertama kali dibangun bagi manusia untuk beribadah dan menegakkan syiar-syiar agama. Allah juga telah menjadikan dakwah bapak para Nabi, Ibrahi AS, di lembah tersebut. Semua itu merupakan kelaziman dan kesempurnaan jika lembah yang diberkahi ini juga menjadi tempat lahirnya dakwah Islam yang notabene adalah millah Ibrahim dan menjadi tempat diutus dan lahirnya para Nabi. Bagaimana tidak, sedangkan dia (Rasulullah) termasuk keturunan Ibrahim AS.
2. Secara geografis, Jazirah Arabia sangat kondusif untuk mengemban tugas dakwah seperti ini karena Jazirah ini terletak seperti telah disebutkan di atas di bagian tengah ummat-ummat yang ada disekitarnya. Posisi geografis ini akan menjadikan penyebaran dakwah Islam ke semua bangsa dan negara disekitarnya berjalan lancar dan mudah. Bila kita perhatikan kembali sejarah dakwah Islam pada permulaan Islam dan pada pemerintahan para khalifah yang terpimpin, niscaya kita akan mengakui kebenaran hal ini.
3. Sudah menjadi kebijaksanaan Allah untuk menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa dakwah Islam dan media langsung untuk menerjemahkan Kalam Allah dan penyampaiannya kepada kita. Jika kita kaji karakteristik semua bahasa, lalu kita bandingkan dengan bahasa lain, niscaya akan kita temukan bahwa bahasa Arab banyak memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh bahasa lain, saya sendiri sudah meyakininya, karna saya sudah menamatkan kuliah saya di jurusan Sastra Arab. Karena itu sudah sepatutnya jika bahasa Arab dijadikan bahasa pertama bagi kaum muslimin di seluruh penjuru dunia.
Mungkin hanya itu yang saya ketahui, itu pun banyak nyeplaknya dari Sirah Nabawi karangan Dr. Muhammad Sa’id Ramadhan Al-Buthy. Saya sangat berharap tulisan ini bermanfaat bagi kita semua, setidaknya dengan tulisan ini kita termotivasi untuk mengenal dan mengetahui lagi sejarah Islam dan Rasul, sehingga kita tidak hanya mengaku Islam tapi sejarahnya kita tidak tahu. Semoga sejarah Islam selanjutnya bisa nyusul. Waah capek juga ya kalau ngetik banyak-banyak, jadi teringat masa buat skripsi dulu. Semoga bermanfaat ya teman-teman semuanya.

About amisha syahidah

selalu ingin berbagi hikmah disetiap kejadian.

53 responses »

  1. Alhamdulillah bunda…
    diingetkan lagi tentang sejarah Islam…
    Banyak sekali tarikh2 Islam yg dulu pernah saya baca dan pelajari tapi sekarang sudah lupaaa…🙂

    salaam

    Balas
  2. terima kasih saya jadi tahu, kisah latar belakang bangsa arab dipilih sebagai tempat pertumbuhan islam

    Balas
  3. Dan salah satu hal yang menarik tentang bangsa Arab dan da’wah Rasulullah di masa itu adalah keberadaan generasi Qur’ani yang istimewa. Pada waktu itu, terkumpullah orang-orang yang luar biasa dengan kualitas paripurna, dan mereka hadir di dunia dalam era yang sama –> para sahabat

    Sejarah mungkin mencatat nama-nama besar dalam setiap kurunnya, tetapi pada zaman Rasulullah, ada banyak sekali nama besar yang hadir ke dunia, dan mereka hidup pada waktu dan era yang bersamaan untuk menginisiasi perubahan zaman…

    Balas
  4. Saleum,
    Trims atas infonya, setidaknya pemahaman saya semakin bertambah tentang kondisi umat sebelum islam diturunkan. dan salam kenal🙂
    saleum

    Balas
  5. pelajaran sejarah islam yang berharga mbak , terima kasih infonya mbak……..:)

    Balas
  6. wah saya belum baca semua tapi udah comment..
    ga apa ya Mba….
    bahsa Arab sebagai bahasa pemersatu bangsa arab pun sampai hari ini…

    Balas
  7. Tarikh yang kadang kadang orang islam sendiri tidak memperhatikannya.
    Umat Islam lebih tahu sejarah Amerika, Inggris dll,tapi melupakan sejarah Agamanya sendiri. Apa memang di buat begitu oleh orang Nasrani dan Yahudi.
    Mantap Mbak Amisha mudah mudahan bermanfaat tuk saudara kita yg seiman.

    Balas
  8. ada rahasia tersmpan disetiap takdirNya…. dan sangat luar biasa

    Balas
  9. Ijin nyimak dulu yach mbak..😀

    Balas
  10. jadi belajar banyak tentang kenapa jazirah arab yang dipilih… Allah emang maha tahu, dan semuanya Dia yang mengatur.
    segala sesuatu pasti ada alasannya..

    subhanallah

    Balas
  11. Serasa membaca sejarah islam lembali. Makasih ya bunda.

    Balas
  12. imej arab sebagai bangsa barbar sampai sekarang masih lekat. dari mulai film, novel sampai berita tkw, karakter orang arab sering dibikin sadis. pun, artis titi kamal pernah main sinetron yang ada kaitannya sama orang arab.

    membaca postingan ini serasa kembali duduk di bangku tsanawiyah, membuka-buka buku Sejarah Kebudayaan Islam.

    Balas
  13. thanks infonya, klo berkenan mampir di blog saya ya mbak

    Balas
  14. sangat bermanfaat, memahami tempat kelahiran Islam🙂

    Balas
  15. Alhamdulillah Mbak, bermanfaat sekali postingannya. Saya jadi tahu kenapa tumbuhnya islam awalnya di Arab..^^

    Balas
  16. “Sudah menjadi kebijaksanaan Allah untuk menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa dakwah Islam dan media langsung untuk menerjemahkan Kalam Allah dan penyampaiannya kepada kita. Jika kita kaji karakteristik semua bahasa, lalu kita bandingkan dengan bahasa lain, niscaya akan kita temukan bahwa bahasa Arab banyak memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh bahasa lain, saya sendiri sudah meyakininya, karna saya sudah menamatkan kuliah saya di jurusan Sastra Arab” ini yang membuat saya menarik… bahkan ada yang bilang bahasa arab jelmaan dari bahasa tuhan.. (walaupun agak berlebihan) namun yang intinya gramatika, gaya bahasanya sangat luar biasa,,,

    Balas
  17. senang di sini..blog islami banget

    Balas
  18. wah sy malah numpang dipsantren.. hehehe eiklil pejuang bersarung…

    Balas
  19. wah dapat lagi nih ilmu, udah lama pengen tahu kisah seperti ini. karena terkadang saya penasaran mengapa seluruh nabi dan rasul lahir di negeri Arab dan ada yg di zionis.

    Balas
  20. Assalaamu’alaikum wr.wb, Amisya…

    Salam kenal dan terima kasih udah berkunjung ke blog saya.
    Alhamdulillah, kunjungan pertama disajikan dengan ilmu bermanfaat tentang faktor pemilihan tanah Arab sebagai tempat tumbuhnya Islam sehingga menyinar cahaya sepanjang jalan kegelapan yang dilalui manusia.

    Setiap yang berlaku pasti ada sebab musabab. Penurunan Rasul dan Nabi ke atas kaum dan tempat tertentu mempunyai sejarah tersendiri untuk dijadikan pengajaran manusia terkeamudian.

    Mohon izin mbak untuk copas kongsian ilmu mbak berhubung fakta2 di atas bagi menambah kandungan ilmu saya untuk dibagikan dalam kuliah Tamadun Islam dan Tamadun Asia. Semoga beroleh manfaatnya. Setelah mendapat izin, baru saya akan copas bahan ini.

    Terima kasih didahulukan.
    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.😀

    Balas
    • wa’alaiissalam wr wb
      ooooh silahkan mbak..dg senang hati, jk bermanfaat di copas aja..cuma klo mau lebih jelas semuanya lihat aja di sirah nabawi.. makasih ya mbak sdh berkunjung..:-)

      Balas
  21. qu dapat ilmu baru nh .. trims ya dah berbagi ..🙂

    Balas
  22. berkunjung sore, dan peroleh ilmu yg sangat bermanfaat ..

    salam🙂

    Balas
  23. Alhmadulillah
    bertambah pengetahuan yg didapat dari sini🙂
    Terima kasih ya

    Balas
  24. kok belum posting, mba?

    eh, makasih ya udah nempelin blognya icen di sini, hehe… maaf, baru ngasih tau kalau si icen itu tokoh imajinasi ciptaanku.

    Balas
  25. like this…, btw, ga ada tombol followernya yach..??

    Balas
  26. oh iya…, ada award buat blog ini…, dijemput ya…,^^

    Balas
  27. bener banget mabk, ALLAH telah lebih dulu mengetahui mengapa kota Jazirah arab lah yg dipilih sebagi kota kelhiran ISLAM. Jiwa dakwah mereka juag sangatlah tinggi, dna sifat inilah yang menjadikan ISLAM tersebar merat diseluruh alam raya

    Balas
  28. urutan bahasa yang tinggi itu Al Qur’an, Hadist, Syair. nah, karena waktu itu negeri yang sedang mengagungkan syair dan penyair disebut orang hebat. makanya Al Quran diturunkan untuk melebihi ketinggian bahasanya sebagai salah satu mukjizat AlQuran. dan memang di negeri arab memang marak kejahiliyah yang sangat…

    Balas
  29. ASyukran katsiran mbak bagi-bagi ilmunya benar-benar bermamfaat bagi kami mohon izin untuk di Copas yaa semoga ilmu menjadi berkah di sampaikan pada yang lain

    Balas
  30. terjemahan fiqih siroh ya..?.. digubah dikit2..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: