RSS Feed

Pola Makan Sehat, Usir Penyakit Lho!

gambar diambil dari sini

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Hampir setiap penyakit berkaitan dengan masalah nutrisi. Dengan kata lain, jika seseorang menjalani pola makan sehat dan tepat, maka penyakit pun enggan menghampiri.

Ahli penyakit dalam dari FKUI, Dr Edy Rizal Wahyudi, SpPD menyontohkan bahwa kanker bisa muncul pada orang yang tidak merokok. Setelah ditelaah, ternyata pola makannya tidak sehat. Misalnya kurang asupan antioksidan, serat, dan vitamin.

”Percaya atau tidak, tapi asupan yang dimakan tiap hari bisa menjadi bumerang bagi tubuh. Kalau salah makan, bisa berubah jadi bibit penyakit atau malah mencetuskan bibit penyakit yang sudah ada dalam tubuh,” ucap Edy.

Edy menyebutkan, pasien seringkali berdalih bahwa kanker atau kegemukan dipengaruhi oleh gen. Padahal faktor genetik hanya memengaruhi 30 persen saja. Sisanya dipengaruhi oleh gaya hidup, termasuk pola makan.

”Bahkan kalau orang tersebut punya gaya hidup yang sehat, faktor genetik pencetus kanker bisa ditekan hingga tidak menyebabkan kanker,” papar Edy.

Edy berpesan agar masyarakat mulai memperhatikan apa saja yang dimakan. Terutama soal rasa dan kesehatan. Sebab yang enak di mulut belum tentu sehat di badan.

About amisha syahidah

selalu ingin berbagi hikmah disetiap kejadian.

33 responses »

  1. bener bun, kalau yg dimakan itu yg menyehatkan, ya pastilah ketahanan tubuh kita ini akan semakin kebal terhadap suatu penyakit…
    terlebih lagi sehat dalam artian bukan didapat dari hasil yang haram… jadi makanan yg kita makan adalah makanan yang halal…🙂

    salaam

    Balas
  2. gak ada kata terlambat untuk memulai hidup sehat ya Mbak, meski sudah di diagnosa suatu penyakit.

    Balas
  3. Euh, jangan lupa olahraga.😀

    Balas
  4. waaah kadang pola makan saya mah suka berantakan, hiks hiks
    repot juga ya

    Balas
  5. ayamnya menggoda.. mulus banget tuh.. minta digoreng… haha

    Balas
  6. memang kita sekarang berada dalam situasi simalakama,
    hampir tidak ada sumber pangan yang tidak kenal pestisida,
    belum lagi ditambah dengan berbagai bumbu instan yang thoyib-nya pantas untuk diragukan

    Balas
  7. assalamu ‘alaikum
    jangan lupa, cara makannya pun yang sunnah,, karena bisa mendatangkan keredhaan Allah juga dibalik sunnah ada kejayaan, (ada hikmah2 tersembunyi dibalik sunnah) 🙂

    Balas
  8. Benar sekali, kebanyakan penyakit saat ini berasal dari makanan. Apakah polanya, atau zat makanannya sendiri. Semakin modern zaman, semakin modern pula penyakitnya.

    Balas
  9. Hmm, saya sama seperti Tiara diatas. Pola makan berantakan, akhirnya sakitlah yang didapat >.<
    Oiya mbak, dapet ini nih..

    http://zonaiam.com/2011/06/normal-10-hal-tentang-gue.html
    hehe🙂

    Balas
  10. iya mbener bgt,…. namaun banyak dr kita untuk memenuhi kebutuhan gizi nich masih serba kekeurangan………

    salam persahabatan selalu dr MENONE

    Balas
  11. Selain pola makan yang sehat, tentunya juga diimbangi pola olahraga yang baik… Semoga kita semua selalu diberi kesehatan..🙂

    Balas
  12. untunglah pola makan saya cukup terjaga~😳

    Balas
  13. Semua boleh saja melakukan ritual makan sesukanya,,, tetapi ingat ! You are what You eat…. hehehe makasih bunda ^^

    Balas
  14. Selain pola – olah raga, jgn lupa berdoa sebelum dan sesudah makan

    Balas
  15. setuju banget, hidup sehat karena makananya juga sehat apalagi kalo dengan pola makan teratur… harusnya anak2 dari kecil sudah tau nutrisi ini, bukan hanya orang dewasa saja… supaya jenjang hidup mereka juga lebih sehat…🙂

    Balas
  16. semoga kita semua terhindar dari yg namanya kanker ya mas ya😦

    Balas
  17. semoga thindar dr bhya mknan skrg yg byk mgndg “racun”

    Balas
  18. Numpang komen ah,,🙂

    Balas
  19. katanya penyakit itu bersumber dari makanan, jadi makanlah makanan yang sehat😀

    Balas
  20. ini nih yang sedang aku coba, makan makanan sehat

    Balas
  21. semua penyakit emang berasal dari perut. alias dari makanan. karena dari perut sari-sari makanan termasuk racun dan biang penyakit akan diedarkan melalui darah ke selurih tubuh🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: