Pengumpan RSS

Category Archives: kajian Islami

Bekerjalah Maka Keajaiban kan Datang

Salaamun ‘alaikum
Judul di atas saya ambil dari salah satu judul buku yang ada di Dalam Dekapan Ukhwah karangan Salim A. Fillah. Saya begitu terkesan dengan buku ini terutama pada judul bagian ini “Bekerja Maka Keajaiban”, saya sangat suka sekali dan menjadi motivasi saya untuk melakukan sesuatu. Dalam buku tersebut dikisahkan tentang Kisah Hajar dan bayinya yang telah ditinggalkan oleh Ibrahim di suatu lembah. Langsung saja saya sharing kan ke teman-teman semua ya..
Sunyi kini menyergap kegersangan yang membakar, yang ada hanya pasir dan cadas yang membara. Tak ada pepohonan tempat bernaung. Tak terihat air untuk menyambung hidup. Tak tampak insane untuk berbagi kesah. Kecuali bayi itu. Isma’il. Dia kini mulai menangis begitu keras karena lapar dan kehausan.
Maka Hajar pun berlari, mencoba mengais jejak air untuk menjawab tangis putra semata wayangnya. Ada dua bukit di sana. Dan dari ujung ke ujung coba ditelisiknya dengan seksama. Tak ada. Sama sekali tak ada. Tapi dia terus mencari. Berlari. Bolak balik tujuh kali. Mungkin dia tahu, tak pernah ada air di situ. Mungkin dia hanya ingin menunjukkan kesungguhannya pada Allah. Sebagaimana telah ia yakinkan sang suami, “Jika ini perintah Allah, Dia takkan pernah menyia-nyiakan kami!” Read the rest of this entry

Iklan

Rahasia dipilihnya Jazirah Arabia Sebagai Tempat Kelahiran dan Pertumbuhan Islam


Mungkin kita bertanya-tanya kenapa ya awal mula tumbuhnya islam di Arab? Kenapa gak di Indonesia aja, “emang Indonesia waktu itu udah ada apa belum ya?” hehe, atau di negara-negara lain seperti Amerika, India atau di manalah, kenapa harus di Arab?
Oke sobat pembaca semuanya, kemarin waktu pengajian ada sedikit membahas ini, jadi saya ingin membagikan ilmu yang saya dapat ini pada teman-teman semuanya, semoga ilmu yang saya dapat bermanfaat juga buat orang lain.dari kesimpulan yang saya dapat juga dibantu oleh Sirah Nabawiyah, maka alasan mengapa terpilihnya Jazirah Arabia sebagai tempat kelahiran dan pertumbuhan Islam adalah karena:
Tapi tunggu dulu ya, karna sebelum masuk padaa intinya harus dijelaskan dulu karakteristik Bangsa Arab dan tabiat mereka sebelum masuk Islam juga menggambarkan letak geografis tempat mereka hidup dan posisinya diantara negara-negara sekitarnya, juga tentang peradaban dan kebudayaan ummat-ummat lain pada waktu itu, agar bisa nyambung pada pembahasan yang dimaksud.
Dimulai dengan kondisi ummat-ummat yang hidup di sekitar Jazirah Arab sebelum Islam. Pada waktu itu, dunia dikuasai oleh dua negara Adidaya: Persia dan Romawi, kemudian menyusul India dan Yunani. Read the rest of this entry

Pesan Singkat

Bismillahirrahmanirrahim
kali ini mau menulis pesan singkat ajalah buat para pembaca, insyaAllah bermanfaat bagi kita semua. amiin..

nih dia pesannya:
Ada baiknya kita menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi buah-buahan yang baik untuk dikonsumsi tiap hari:
1. Apel : Ayo Pelajari Al-qur’an
2. Strawberry : Selalu Taat dan Rajin memberi
3. Melon : Melaksanakan Sholat Ontime
4. Jeruk : Jauhilah Berbuat Buruk
5. Pisang : Pantang Iri, Sombong dan Angkuh
6. Anggur : Anggota Gemar Bersyukur
7. Jambu : Jaga Iman di Qolbu
8. Tomat : Bertobat dan Tidak Maksiat (lagu Wali keknya yah? 🙂
9. Talas : Tak Ada Kata Malas
10. Mentimun : Menuntut Ilmu Tidak Boleh Melamun
Nah itu tadi buah-buah yang sangat sehat jika kita konsumsi tiap hari, mau bukti, coba deh. hehehe

Cinta Palsu

Bismillahirrahmanirrahim..
artikel ini diambil dari email seseorang, yang diambil dari eramuslim. semoga bermanfaat bagi kita semua..ini pengetahuan, so yuk mari dibaca sampai habis ya..
eramuslim – Kata pujangga cinta letaknya di hati. Meskipun tersembunyi, namun getarannya tampak sekali. Ia mampu mempengaruhi pikiran sekaligus mengendalikan tindakan. Sungguh, Cinta dapat mengubah pahit menjadi manis, debu beralih emas, keruh menjadi bening, sakit menjadi sembuh, penjara menjadi telaga, derita menjadi nikmat, dan kemarahan menjadi rahmat. Cintalah yang mampu melunakkan besi, menghancurkan batu karang, membangkitkan yang mati dan meniupkan kehidupan padanya serta membuat budak menjadi pemimpin. Inilah dasyatnya cinta (Jalaluddin Rumi).

Namun hati-hati juga dengan cinta, karena cinta juga dapat membuat orang sehat menjadi sakit, orang gemuk menjadi kurus, orang normal menjadi gila, orang kaya menjadi miskin, raja menjadi budak, jika cintanya itu disambut oleh para pecinta palsu. Cinta yang tidak dilandasi kepada Allah. Itulah para pecinta dunia, harta dan wanita. Dia lupa akan cinta Allah, cinta yang begitu agung, cinta yang murni. Read the rest of this entry

4 Perkara Sebelum Tidur

4 Perkara Sebelum Tidur
( Tafsir Haqqi )

Rasulullah berpesan kepada Aisyah ra : “Ya Aisyah jangan engkau tidur sebelum melakukan empat perkara, yaitu :
1. Sebelum khatam Al Qur’an,
2. Sebelum membuat para nabi memberimu syafaat di hari akhir,
3. Sebelum para muslim meridloi kamu,
4. Sebelum kaulaksanakan haji dan umroh….
“Bertanya Aisyah : Read the rest of this entry

Ada Apa Dengan Al-Qur’an

Turunnya Al-Qur’an
@ Pendapat yang paling benar mengenai ayat yang pertama turun adalah:
“Bacalah dengan menyebut nama tuhanmu yang menciptakan”
@ Ayat yang kedua turun setelah ayat diatas adalah:
”Hai orang yang berselimut”
Mu’jizaat Al-Quran
@ Kata basmalah ada 19 huruf
@ Kata ismu dalam Al Qur’an ada 19 kali
@ Kata Allah sebanyak 2698 kali = 19 x 142
@ Kata Ar Rahman sebanyak 57 = 19 x 3
@ Kata Ar Rahiim sebanyak 114 = 19 x 6
Apakah ini kebetulan…??? Read the rest of this entry

Istri setia, Suami bebas dari jerat dosa

Teman dan para pembca budiman, kali ini kuceritakan sebuah kisah yang semoga bermanfaat buatmu, kisah ini diperuntukkan khusus buatmu, agar kita bisa mendapat pelajaran darinya..
ni dia kisahnya..
Adalah kisah seorang tentara. orang ini slalu pergi keluar untuk maksiat. ia mendurhakai Allah siang malam, secara sembunyi-sembunyi atau bahkan dengan terang-terangan.
ia menyangka hidup ini hanyalah sekedar segelas minuman dan perempuan. sehingga, ia terlena dalam kenikmatan padahal ia berada dalam kegelapan. ia jerumuskan dirinya dalam jurang kebinasan dan malapetaka.
terakhir, ia menuju Perancis, sebuah negeri yang penuh kebebasan sekaligus kegelapan, ia pergi ke sana dan menetap tinggal beberapa waktu dalam hidup kebinatangan, padahal binatang saja tidak separah itu.
selang beberapa waktu, Read the rest of this entry